Warga Desa Kertarahayu Tekuni Pertanian Karet

Kertarahayu – Sektor pertanian merupakan potensi yang paling besar di Desa Kertarahayu, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya. Hampir 60% mata pencaharian masyarakat Desa Kertarahayu adalah petani sawah dan perkebunan.

 

Salahsatu jenis pertanian yang sedang dilakoni oleh warga masyarakat desa kertarahayu adalah mengambil getah karet. Tanaman pohon karet merupakan tanaman yang menghasilkan getah, getah karetnya bisa digunakan untuk dibuatkan alat – alat kesehatan yang membutuhkan kelenturan dan kekuatan seperti alat olahraga yang ada dipusat kebugaran, ban kendaraan bermotor dan lain sebagainya.

 

Karet termasuk komoditas perkebunan yang teristimewa bagi Indonesia. Karena hanya beberapa negara saja yang dapat ditanami tanaman karet dan kehidupan modern Indonesia saat ini tidak dapat dipisahkan dari karet alam.

 

Getah karet yang hasilkan biasa disebut lateks, didapat dengan cara melakukan penyayatan pada pohon karet dan kemudian ditampung dalam sebuah wadah tepat dibawah sayatan, maka beberapa saat kemudian akan terkumpul sebuah lateks atau yang lebih sering disebut getah karet.

 

Tanaman karet dapat tumbuh dengan yang baik apabila ditanam pada ketingggian angka 300 meter diatas permukaaan laut. Jika melakukan penanaman karet di bawah angka 300 meter di atas permukaan laut maka pertumbuhan tanaman karet akan tidak stabil dan akan berdampak pada kualitas getah karet yang nantinya dihasilkan. Sehingga akan mempengaruhi nilai jualnya saat dipasaran nanti.

dscf2172
www. Generasi Rabbani. com

Tanaman karet akan tumbuh dengan baik pada suhu dengan kisaran angka 25°C hingga 35°C. Oleh karena itu petani karet harus mengetahui suhu pada daerah sekitar tanaman karet karena suhu juga akan mempengaruhi peroduksi dari getah karet. Untuk menghasilka

dscf2174-3
DOC. Generasi Rabbani .com

n getah karet yang berkualitas tinggi dan juga bagus maka petani karet harus selalu rajin membersihkan gulma yang menempel pada pohon karet.

 

Saat melakukan penyadapan pohon karet harus dilakukan dengan hati – hati agar saat penyadapan terjadi tidak sampai merusak pohon karet ataupun kulit karet, karena jika hal ini terjadi maka juga akan memberikan pengaruh terhadap banyaknya getah karet yang keluar nanti dan apakah karet yang keluar akan bagus atau tidak. …lanjut…

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan