Opak Salah Satu Kerajinan Warga Desa Kertarahayu Kawasan Pancamandala

Kertarahayu – Cemilan tradisional yang mungkin sudah terkenal di segala penjuru di antaranya opak, hal ini akan mengantarkan kita lebih jauh untuk menelusuri seluk beluk kehidupan pedesaan yang berada di bawah naungan pemerintahan Desa Kertarahayu.

Doc. pengrajin opak @Rabbani96.com
Doc. Proses Pembuatan Opak 90 % .com

Opak bukan hanya sebagai cemilan tradisional perkampungan saja, di peloksok ruang lingkup pemerintahan Desa Kertarahayu media kami sempat menemui seorang peng rajin pembuat opak. “ Alhamdulillah jang di jaman ayeuna mah opak oge tiasa di damel jalan usaha, waktos-waktos nu caket ieu amang oge di pesenan hamper 1.500 biji ku pangersana H. Dadang, kanggo hajatan saur namah “ ujar bapah Herman 46 tahun seorang pembuat opak yang berada di dusun Cicariu, Desa Kertarahayu, Kec. Jatiwaras, Kab. Tasikmalaya.

 

Opak yang baik biasanya di hasilkan dari tangan peng rajin yang mahir juga dari bahan yang baik p
ula, tak semua orang bisa menciptakan opak yang halus, gurih, warna yang menggiurkan pula.

 

Doc. pengrajin opak @Rabbani96.com

Opak juga merupakan buruan siapa saja yang akan melaksanakan sebuah acara besar, misalnya : menikahkan, Khitanan, selametan  dll.. hal ini sudah menjadi tradisi bagi warga perkampungan. Bahkan tak sedikit warga perkotaan yang menyukai makanan ringan jenis opak ini, dari adonan sejenis opak ini bisa di buat berbagai makanan ringan diantaranya : Opak yang proses memasaknya dengan di bakar, Gogodoh yang proses memasaknya dengan di goring, Kolontong yang proses memasaknya di panaskan dalam pasir yang panas, dlsb…. Bersambung..

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan