Musim Panen Padi, Desa Kertarahayu Kawasan Pancamandala

Kertarayu – Setelah sekitar 100 hari para petani menggarap dan terus merawat lahan pertanian mereka, kini tiba lah masa-masa mereka merasakan hasil jeripayah mereka dengan menghitung hasil dari lahan pertanian mereka.

Doc. Pertanian Desa Kertarahayu .Rabbani96.com
Doc. Proses Pembersihan Hasil Pertanian Warga Desa Kertarahayu .Rabbani96.com

Beragam hasil bagi mereka para petani yang menggarap lahan padi pada musim ini di sebabkan oleh kondisi lahan pesawahan mereka yang beragam, ada yang berposisi di dekat sumber air yang normal, ada juga yang berada di dataran tinggi, bahkan ada juga yang hanya menggunakan air musiman.

 

Doc. Proses Pengeringan Hasil Pertanian Warga Desa Kertarahayu .Rabbani96.com

Alhasil untuk hasil panen para petani pada musim ini beragam, ada yang terhitung sangat memuas kan dengan berlipatnya penghasilan mereka dari musim sebelumnya, ada pula yang bilang hanya terhitung pas-pasan seimbang dengan modal yang mereka keluarkan bahkan adapula yang mengatakan terhitung rugi jika disbanding dengan modal yang mereka keluarkan.

Doc. Padi Siap Panen Pertanian Desa Kertarahayu .Rabbani96.com

Hal ini mungkin yang merupakan pekerjaan rumah bagi team pengelola kelompok pertanian untuk mencari jalan keluar supaya proses pertanian bisa seimbang bahkan harus bisa menghasilkan untung yang berlipat bagi semua petani.  ..bersambung……

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan