Potensi Daerah Yang Perlu Di Berdayakan Di Kalangan Warga Desa Kertarahayu Kawasan Panca Mandala

Kertarahayu – Mayoritas dari penduduk  desa kertarahayu adalah petani, dari kurang lebih warga yang ber jumlah sekitar 1.200 kepala keluarga,  60  %  bersetus pekerjaan sebagai  ptani.

 

Diantara potensi yang perlu dikembang kan yang menjadi sumber perekonomian warga adalah rempah-rempah, salahsatu jenis rempah-rempah yang di produksi warga desa kertarahayu adalah tanaman kopi. Sebagian warga mengaku telah mendapat keuntungan dengan bertani kopi bahkan bisa terhitung menguntungkan di setiap musim berbuah.

 

Salahsatu keluhan petani yang memetik penghasilan dari tanaman kopi adalah jenis bibit kopi yang kurang berkualitas, hal ini dapat dibedakan dari jenis pohon, buah, bahkan sangat berpengaruh dalam harga di pasaran. “ Alhamdulillah jang tataneman amang sababaraha tahun ka pengker tos tiasa kapetik hasilna, mung rada hanjakal tina jenis buah kurang muaskeun ma’lum jenis bibitna nu semburadul hal ieu oge kirang kualitas dipasaran “ ujar Bapak Pudin (43 tahun) salah seorang petani warga desa kertarahayu yang berdomisili di dusun cicongkok.

 

Alhasil harapan baesar bagi kami untuk mendapat perhatian dari pihak mana pun untuk bisa memperbaiki kualitas pertanian kami.  …bersabung..

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan