MENYADARKAN PERAN PEMUDA DALAM MEMBANGUN DESA

poto bersama HIMMA dan Penyuluh

Seperti kata-kata bijak Bapak proklamator Ir. Soekarno “ berilah saya sepuluh pemuda maka akan saya getarkan dunia” ini bukan hanya sebatas jargon tanpa makna, namun di era globalisasi ini peran serta pemuda jelas sangat ditunggu oleh siapapun. Maka pada Ahad 03 Desember 2017 telah diadakan penyuluhan kepada pemuda dan pemudi Dusun Anggalasan Desa Kertarahayu yang bertempat di MDTA Mathlaul Huda.

penyuluh sedang menerangkan manfaat organisasi

Pada kesempatan itu penyuluhan dititik beratkan pada peran pemuda dalam membantu kemajuan Desa yang bersinergi dengan pemanfaatan sumber daya yang sudah ada. Dengan dihadiri kurang lebih 40 orang pemuda yang kebanyakan masih berstatus sebagai pelajar maka dihasilkan beberapa potensi yang dapat direalisasi apalagi didukung dengan sudah tersedianya jaringan internet geratis Desa maka pemuda diharapkan mampu memberi kontribusi yang nyata dibidang telekomunikasi atau TIK serta mampu ikut berperan aktif memantau atau bahkan terjun pada pergerakan ekonomi desa, dengan cara menshare berita desa, potensi desa, atau bahkan memunculan ide kreatif menjadikan Desa wisata.

peserta menyimak penjelasan penyuluh

Lebih dari itu pemuda diharapkan bisa ikut terlibat dalam pengelolaan BUMDes dan kelompok ternak atau kelompok tani, sehingga pandangan masyarakat tentang kenakalan remaja bisa beralih menjadi keberhasilan remaja.

Sejauh ini Himpunan Muda Mudi Anggalasan atau yang biasa disebut HIMMA Alhamdulillah sudah dinilai punya peran positif didaerah, terbukti dengan digiatkanya kembali pengajian rutin, gotongroyong membersihkan lingkungan juga kegiatan yang lainnya, kini tinggal mereka diarahkan pada suatu hal yang lebih mengarah pada sesuatu yang

sambutan dari ketua HIMMA

menghasilkan dari segi ekonomi, oleh sebab itu  setelah acara penyuluhan selesai mereka tergugah untuk mendirikan kelompok ternak pemuda yang memiliki badan hukum. Gagasan menarik ini perlu kita semua dukung agar peran pemuda sebagai tulang punggung bangsa tidak hanya menjadi jargon belaka.

About ayi 10 Articles

jangan lakukan kesalahan yang sama karna masih banyak kesalahan lain yang harus kita coba

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan