Kemarau Panjang ( Dibalik Cobaan Menyimpan Berkah )

Kertarahayu – Musim kemarau bukanlah satu-satunya musim yang ada di Iindonesia, melainkan bagian dari salahsatu musim yang ada, oleh karena itu tentu saja di setiap kejadian menyimpan seribu hikmah yang tersirat. Salah satu hikmah yang tuhan hadirkan di musim kemarau adalah hadirnya cikal bakal buah-buahan musim panas, tentu saja itu merupakan kebahagian teramat bagi para petani Buah-buahan.

 

Pohon Durian yang hendak berbuah .Doc by : Generasi Rabbani

Disatu sisi petani mengeluh karena tidak dapat bercocok tanam tanaman air, namun di sisi lain ada juga yang memutarkan pemikiran nya dengan memanpaatkan media kolam ( empang ) untuk dijadikan lahan menanam padi, tentu saja tak kalah bagusnya tanaman padi tersebut karena mendapatkan sumbermakanan yang lebih baik dibandingkan dengan lahan sawah secara langsung.

Pemanfaatan kolam ikan di musim kemarau Doc by : Generasi Rabbani

 

 

Namun tetap saja bagi sebagian besar makhluk hidup utamanya manusia, kekeringan merupak musibah yang amat besar, selain dari kekeurangan sumber air bersih, sawah dan kolampun hampir tidak bisa di manpaatkan secara maksimal. Semoga saja kekeringan ini dapat berakhir secepatnya dan segera digantikan dengan keberkahan yang lebih banyak. …bersambung…

 

selokan penyalur air yang kini mengering Doc by : Generasi Rabbani
Facebook Comments
About generasirabbani 9 Articles
ulum mauludin, Cibangkong. Kp. cicariu Desa Kertarahayu

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan