Ngolecer, Permainan Tradisional Yang Tak Kalah Menarik Dipesatnya Perkembangan Jaman.

suasana santai di puncak bukit

Generasi – Tanpa kita sadari, lambat laun permainan tradisional yang sangat trend dikalangan anak-anak jaman dahulu ternyata mulai jarang dijumpai apalagi dimainkan, seperti permainan ngolecer misalnya. Padahal jika kita mengetahui, permainan tradisional lebih bermanfaat bagi perkembangan kepribadiaan anak dibandingkan permainan masa kini.

 

panorama indah pemasangan kolecer di bukit @ Generasi Rabbani96

 

 

 

 

 

 

 

Sayangnya, perhatian anak-anak jaman sekarang hampir tidak tertarik dengan permainan-permainan tradisional. Padahal permainan-permainan tradisional tidak kalah asyik dan seru dibandingkan dengan permainan-perminan jaman moderen. Mungkin karena dianggap ketinggalan jaman, norak, atau kurang bergengsi.

 

Ngolecer adalah suatu permainan tradisional yang biasanya dilakukan digunung atau bukit yang tersedia banyak tiupan angin. Karena, kolecer bisa dikategorikan bagus apabila bisa mengeluarkan sura gema yang keras. Permainan ini biasanya banyak dilakukan ketika musim kemarau panjang. Dan ternyata permainan langka ini, tidak kalah menyenangkan di bandingkan dengan permainan moderen jaman sekarang. Sayangnya permainan tradisional yang satu ini, pembuatannya sulit dijumpai di era moderen seperti sekarang ini.

pemesangan kolecer di bukit bonim Desa Kertarahayu @ Generasi Rabbani96

 

 

 

 

 

 

 

Bahan yang di gunakan untu pembuatan kolecer sangat mudah di temui di alam sekitar kita, biasanya menggunakan bahan baku sebuah potongan panjang dari kayu yang di tipiskan dan dibentuk serta diserut secara rapi, bisa juga menggunakan belahan  bambu atau daun kelapa sekalipun untuk ukuran yang lebih kecil. Alat-alat yang diperlukan untuk pembuatan kolecer cukup mudah untuk ditemukan yakni : golok, gergaji, pisau raut, sugu dan meteran yang berfungsi untuk mengukur keseimbangan panjang kedua belah potongan, serta bisa di rapihkan dengan pecahan kaca dan ampelas untuk finishing pembuatan.

 

 

riang anak desa bermain kolecer @ Generasi Rabbani96

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebetulnya bermain dengan permainan tradisional menyimpan banyak sekali manfaat, selain dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap seseorang, dapat pula mengembangkan aspek sosial dan fungsi motorik. melatih kreativitas, mengembangkan kecerdasan logika, natural  dan membuat percayadiri.   …bersambung…

 

#uupemajuankebudayaan  #objekpemajuankebudayaan

Facebook Comments
About generasirabbani 19 Articles
ulum mauludin, Cibangkong. Kp. cicariu Desa Kertarahayu

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan