Senyum Manis Itu Hanya Tampak Sedikit Diwajah-Wajah Para Petani

Kertarahayu – Musim kemarau pekan ini besar kemungkinan baru berada diawal musimnya, kebanyakan dari petani padi mengalami gagal panen karena sumber air yang berkurang dimasa-masa pertumbuhan padi, sehingga tanaman padi tidak berkembang dengan maksimal. Disisi lain, hanya sedikit senyuman yang tampak dari wajah para petani cengkeh, hal ini disebabkan karena tanaman cengkeh yang pada musim kemarin berbunga dan berbuah dengan maksimal, musim ini hanya satu atau dua pohon saja yang berbunga dan berbuah dari puluhan batang pohon cengkeh di kebun para perani.

ancaman musim kemarau @.Doc.GenerasiRabbani96

Tanaman cengkeh adalah tanaman jangka panjang, Pohonnya akan mulai berbunga ketika usianya lima tahun dengan hasil 1 kilogram – 2 kilogram cengkeh. Usia ideal untuk berproduksi adalah 30 tahun karena mampu menghasilkan 30 kilogram – 80 kilogram cengkeh. Artinya  lahan seluas 700 hektare bisa menghasilkan 1,5 ton – 3 ton cengkeh. “Usia cengkeh bisa ratusan tahun. Sehingga bisa untuk menghidupi cucu sampai cicit,” kata petani cengkeh Bapak wahyudin ( 43 Tahun ) saat diwawancarai media desa kami.

Bunga Cengkeh tabungan para petani @.generasiRabbani96

Sembari menunggu pohon cengkeh berbunga, para petani cengkeh bisa memanen sayuran juga rempah-rempah lainnya yang ditanam secara tumpang sari bersama pohon cengkeh. Hal yang sama juga dilakukan petani cengkeh di daerah lain yang berada disekitaran wilayah desa kertarahayu.

 

 

Facebook Comments
About generasirabbani 35 Articles
ulum mauludin, Cibangkong. Kp. cicariu Desa Kertarahayu

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan